Breaking

Bengkel Teknologi

Monday, August 13, 2018

Tentang Apa itu Arduino ?



     



Arduino merupakan sebuah platform elektronik atau yang  lebih tepatnya merupakan salah satu platform mikrokontroller yang bersifat open source baik perangkat keras maupun perangkat lunak, yang dilicensikan dibawah GNU General Public Licensi, yang juga sama seperti licensi atas linux.
Jadi dengan licensi ini siapapun boleh merubah, membangun, mendesain ulang maupun mendistribusikan perangkat keras dan perangkat lunak arduino, tapi meskipun desain perangkat keras dan perangkat lunak tersedia secara bebas, para pengembang telah meminta nama Arduino menjadi eksklusif untuk produk resmi dan tidak digunakan untuk karya turunan tanpa izin. Dokumen kebijakan resmi tentang penggunaan nama Arduino menekankan bahwa proyek ini terbuka untuk menggabungkan karya orang lain ke dalam produk resmi. Beberapa produk yang kompatibel dengan Arduino dirilis secara komersial telah menghindari nama proyek dengan menggunakan berbagai nama yang diakhiri dengan -duino .

Tujuan awal dari proyek arduino ini sebenarnya diperuntukan untuk kalangan siswa sebagai solusi atau cara yang murah dan mudah untuk menciptakan perangkat yang bisa berinteraksi dengan lingkungan mereka, dengan menggunakan sensor, aktuator, maupun perangkat inputan lainnya yang mampu menangkap berbagai sinyal / kondisi dunia luar. Sebagai contoh umum adalah dalam pengembangan sebuah robot.

Seiring bertambahnya waktu, arduino benar - benar menjadi salah satu solusi yang mudah dan murah dalam pengembangan berbagai project yang interaktif,  jadi tidak hanya seorang engineer yang bisa bermain - main dengan arduino ini, tapi seorang tanpa latar belakang kemampuan itupun bisa melakukannya, ditambah lagi semakin berkembangnya sebuah konsep dimana menghubungkan dan mengintegrasikan segala bentuk perangkat baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan jaringan internet atau yang biasa disbut dengan IoT ini menjadikan Arduino sebagai salah satu pilihan untuk mulai terjun dalam dunia IoT yang benar-benar berkembang begitu cepat dalam beberapa waktu terakhir ini. Dengan board yang begitu terjangkau dan bisa terkoneksi dengan jaringan, menjadikan sebuah sistem embeded mampu untuk saling berkomunikasi dan terintegrasi menjadi lebih cerdas tanpa campur tangan manusia dalam skala yang cukup besar sehingga meminimalkan kendala atau batasan - batasan akan jarak dan waktu menjadi benar - benar akan terwujud.

Berkaitan dengan environment untuk pengembangan pemrograman arduino ini, menggunakan bahasa processing, dengan perangkat lunak yang biasa disebut Arduino Software (IDE), dengan menggunakan basis seperti bahasa pada umumnya dalam pemrograman mikrokontroller yaitu menggunakan bahasa C/C++, jadi dalam pengembangan pemrograman arduino tidak harus menggunakan bahasa pemrograman mereka, tapi juga bisa langsung ditambahkan menggunakan bahasa C/C++ jika memang diinginkan, sedangkan untuk perangkat kerasnya berupa board atau papan circuit mikrokontroller. Kebanyakan papan Arduino terdiri dari mikrokontroler AVR 8-bit Atmel (ATmega8, [25] ATmega168, ATmega328 , ATmega1280, ATmega2560) dan juga beberapa modul shield.

No comments:

Post a Comment

LightBlog