Breaking

Bengkel Teknologi

Sunday, August 19, 2018

Cara Mulai Menggunakan Modul GSM SIM800L


Setelah sebelumnya saya sudah bermain-main dengan modul GSM NEOWAY, kali ini saya akan mencoba bermain-main dengan modul gsm milik SIMCOM, yaitu tipe SIM800L. Pada artikel ini, seperti biasanya untuk memudahkan saat mulai menggunakan sebuah perangkat baru, untuk memastikan apakah perangkat yang dimiliki dalam kondisi yang baik atau normal, kita lakukan uji coba dengan perintah yang paling sederhana terlebih dahulu, jadi bahasan kali ini hanya sampai wiring modul SIM800L dengan usb to ttl dan mengirimkan beberapa perintah AT Command lalu menguji apakah perintah - perintah yang dikirimkan melalu serial monitor dapat direspon dengan baik.


Info:
Karena spesifikasi SIM800L menggunkan tegangan kerja 3,7 V - 4,2 V, untuk itu saya menggunakan buck converter step down agar tidak ada tegangan berlebih yang masuk di modul SIM800L.



Jika sudah dirangkai seperti gambar diatas, berikutnya tinggal mencoba mengirimkan perintah melalui serial monitor. Pada kali ini saya menggunakan MAC OS jadi untuk serial monitornya langsung melalui terminal, jika teman - teman menggunkan windows silahkan menggunakan putty, atau aplikasi serial monitor lainnya.
  • Pastikan driver USB to TTL sudah terinstall di PC atau Laptop. 
Untuk Driver MacOS bisa di download disini.
  • Buka Terminal ketikan 
screen /dev/cu.usbserial 9600
sesuaikan cu.usbserial dengan interface usb to ttl yang terpasang/terinstall, untuk besaran baudrate, pada sim800l sudah bisa mendeteksi baudrate secara automatis, jadi bisa dicustom sesuai keinginan, pada contoh kali ini saya menggunakan baudrate 9600.
  • Masukan perintah berikut ini


Keterangan.

- at => Cek Koneksi
- at+csq => Signal Quality
0 ---------> -115 dBm or less
1 ---------> -111 dBm
2 - 30----> -110... -54 dBm
31 -------> -52 dBm or greater
99 not known or not detectable



- at+creg => Network Registration
- at+cops => Operator Selection
- Pada percobaan terakhir saya mencoba melakukan panggilan ke modul GSM SIM800L, hasilnya akan muncul notif "RING" pada serial monitor.

Cukup sekian uji coba kali ini, setelah diberikan beberapa perintah AT Command dengan hasil respon OK semua, jadi Modul SIM800L ini dalam kondisi normal / baik dan bisa dilanjutkan ke project berikutnya, jika ingin mencoba perintah AT Command lebih lanjut, manualnya bisa di cek disini.

No comments:

Post a Comment

LightBlog