Breaking

Bengkel Teknologi

Saturday, October 28, 2017

Tentang Modul Wifi ESP8266

Modul ESP8266

Lagi cari modul wifi untuk buat project? Baca dulu artikel ini, mungkin Modul Wifi ESP8266 ini jawabannya. 

Sabtu pagi, kondisi lumayan nyantai, suasana yang cocok untuk membuat artikel. 😇 Kali ini saya akan membahas mengenai modul wifi yang nantinya memang, saya akan berencana membuat project yang membutuhkan wireless sebagai media transmisinya.

Kemajuan teknologi semakin perkembang pesat, kebutuhan akan internet semakin meningkat, dan akhir-akhir ini sering muncul istilah Internet of Things (IOT), sudah pernah dengarkan? Inti dari konsep IOT atau istilah yang sudah ramai ini adalah menghubungkan segala device atau benda - benda sehingga dapat berkomunikasi melalui jaringan internet. Sebenarnya konsep Internet of Things ini sudah lama muncul sekitar tahun 1999, dan saat ini sudah banyak perusahaan yang mendalami tentang Internet of Things, diantaranya Intel, Microsoft, Oracle dan masi banyak lagi.
Modul ESP8266

Untuk menghubungkan sebuah device kedalam sebuah internet dan bisa saling berkomunikasi, maka diperlukanlah sebuah protokol yang biasanya disebut dengan TCP/IP. Secara fisik untuk menangani sebuah protokol ini diperlukan sebuah modul/card jaringan, dan biasanya sudah tertanam jadi satu dalam board sistem computer yang kompleks. Kemudian karena kebutuhan akan IOT semakin banyak, akhirnya para produsen perangkat elektronik membuatnya secara tunggal yang digabungkan dengan sistem microkomputer, kemudian munculah berbagai modul jaringan yang bisa melalui ethernet maupun teknologi wireless. Hal ini semakin memudahkan para Hardware Developer ataupun para penggemar elektronika untuk mengembangkan berbagai project.

Diproject saya sebelumnya, saya menggunakan Modul Ethernet to Serial untuk menghubungkan project mikrokontroller saya dengan jaringan. Tapi untuk kali ini saya ingin menggunakan Modul Wifi untuk berkomunikasi melalui media transmisi wireless.
Sebenarnya ada beberapa modul wifi yang beredar di pasaran, beberapa pengembang atau platform, beberapa yang saya tau seperti Intel, TiWiConect, Wiznet, n-Link, Esspresif dan masih bnyak lagi.
Salah satu yang cukup populer yaitu milik Espressif.

Modul ESP8266
ESP8266 Series

Espressif merupakan perusahaan dari china yang memang berkomitmen untuk membuat iot device dan platform software. Varian modul milik Espressif ini sudah cukup banyak. Salah satunya yang akan saya bahas lebih dalam mengenai ESP8266, khususnya versi 01.
Modul ESP8266
Modul Wifi ESP8266 v01 ini, selain kecil ukurannya, modul ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap, yang tak kalah penting, harganya juga sangat ramah dikantong 😀. Modul kecil ini bisa dijadikan mode Acess Point, Client maupun Hybrid (gabungan dari keduanya). tak hanya itu, modul ESP8266 ini bersifat SoC (System on Chip) bisa dibaca di web resminya espressif.com, SoC artinya kita bisa menanamkan langsung program kedalam chipnya seperti pada ic/chip mikrokontroller lainnya. Modul ini memiliki 2 pin GPIO (General Input Output) jadi dengan modul ESP8266 ini kita sudah bisa mengintegrasikan dengan berbagai modul/sensor lain ataupun mengontrol berbagai  device lainnya dengan  menggunakan jaringan wifi. (😮 wow... wasikkan)

Berikut fitur lengkap dari ESP8266.
  • 802.11 b/g/n
  • Wi-Fi Direct (P2P), soft-AP
  • Integrated TCP/IP protocol stack
  • Integrated TR switch, balun, LNA, power amplifier and matching network
  • Integrated PLLs, regulators, DCXO and power management units
  • +19.5dBm output power in 802.11b mode
  • Power down leakage current of <10uA
  • 1MB Flash Memory
  • Integrated low power 32-bit CPU could be used as application processor
  • SDIO 1.1 / 2.0, SPI, UART
  • STBC, 1×1 MIMO, 2×1 MIMO
  • A-MPDU & A-MSDU aggregation & 0.4ms guard interval
  • Wake up and transmit packets in < 2ms
  • Standby power consumption of < 1.0mW (DTIM3)

No comments:

Post a Comment

LightBlog