Breaking

Bengkel Teknologi

Sunday, October 29, 2017

Memulai Modul ESP8266 dengan USB to TTL

Bingung cara memulai menggunakan ESP8266 ? Atau banyak nemuin masalah ? lakukan langkah - langkah di artikel ini dengan baik, pasti mudah.

Modul ESP8266 dengan USB to TTL

Melanjutkan artikel saya Tentang Modul Wifi ESP8266, kali ini saya akan membahas lebih praktikal lagi tentang modul ini. Sebelumnya saya sudah membeli modul wifi ini beberapa bulan yang lalu, tapi baru sekarang sempet buat artikelnya. (hehe maklum sok sibuk...😅).

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya bahwa modul ini memiliki fitur yang cukup lengkap, dan kita bisa langsung menanamkan program didalamnya, karena modul ini sudah bersifat SoC, sehingga modul ini bisa berdiri sendiri tanpa memberikan sebuah mikrokontroller tambahan lagi.

Modul ESP8266 bekerja pada level tegangan 3,3V jadi tolong diperhatikan ya, jangan sampai lupa. Agar bisa berkomunikasi dengan modul ini, untuk memulai pertama kali, saya menggunakan USB to TTL melalui serial monitor. Temen - temen bisa pakai USB to TTL jenis apapun, kalau temen - temen gak punya, board arduino juga bisa dijadikan sebagai USB to TTL, kalau waktunya ada coba akan saya bahas juga.

Pada artikel kali ini saya hanya  akan membahas sampai Modul ESP8266 bisa terkoneksi dengan USB to TTL dan merespon beberapa perintah (AT Command) yang saya berikan, karena pada tahap ini saya hanya ingin menguji coba, apakah modul yang saya beli dalam kondisi normal atau tidak, untuk penggunaan pada project yang lebih spesifik, akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Oke kita mulai,
Berikut yang perlu disiapkan.


Saat ini saya menggunakan USB to TTL PL2303, sebelum memulai pastikan dulu drivernya sudah terinstall pada laptop atau pc kamu. Jika belum terinstall cari sesuai series yang kamu punya, untuk yang sama dengan milik saya bisa download disini



Yang belum berhasil install drivernya mungkin bisa baca artikel ini

Untuk yang menggunakan macOS atau lebih tepatnya yang menggunakan versi High Sierra bisa download disini.

Setelah dipastikan driver sudah terinstall, saatnya mulai untuk merakit.
Sesuai dengan bahasan kali ini, yang hanya menguji komunikasi dengan beberapa perintah AT-Command saja, jadi modul ESP68266 cukup dirangkai sperti gambar berikut.



Pin ESP8266           Pin USBtoTTL
    VCC     <------->    3,3V
    GND     <------->    GND
    TX      <------->    RX
    RX      <------->    TX
    CH_PD   <------->    3,3V

Pastikan lebih teliti saat merakitnya ya. Jika sudah dirasa oke, modul siap dicoba.
Silahkan buka aplikasi serial monitor kamu, disini saya contohkan menggunkan putty dan serial monitor bawaan dari Arduino IDE.
Buka aplikasi serial monitor anda,
Jika menggunakan putty, pilih ke menu serial, isi Serial line sesuai dengan interface usb serial yang terpasang, pada contoh menggunkan COM8 dengan speed atau baudrate nya 115200 (default keluaran terakhir)


 Maka akan keluar jendela serial monitor, masukan beberapa instruksi berikut, contoh: ketik "AT" > kemudian tekan "Enter/Return" > lalu tekan ctrl+j, jika modul bekerja dengan baik maka akan muncul hasil "OK".
AT--------------> Test AT startup
AT+GMR----------> View version info
AT+CWMODE?------> Wi-Fi mode(sta/AP/sta+AP)
AT+CWMODE=1-----> Set modul to station
AT+CWLAP--------> Lists available APs



Untuk mencoba instruksi AT Command lainnya bisa lihat disini.

No comments:

Post a Comment

LightBlog