Breaking

Bengkel Teknologi

Thursday, April 21, 2016

Cara Service Stik Ps2 Tombol tidak Responsif

Masi melanjutkan pembahasan mengenai cara service stik ps2,kali ini dengan kerusakan tombol tidak responsif. Menggunakan stik yang memiliki tombol yang responsif tentunya menambah kenyamanan kita dalam bermain game, selain itu untuk game yang memiliki akurasi tinggi sangat diperlukan stik atau controller dalam kondisi yang responsif.

Stik dengan kerusakan tombol tidak responsif ini, tandanya kalau dipencet 2-3 kali atau di tekan agak keras baru bisa respon, kalau di tekan sekeras mungkin tapi tidak ada respon, beda lagi masalahnya, brarti kemungkinan jalur PCB nya putus. Untuk mengatasi jalur PCB yang putus bisa baca disini.
Oke berikut cara service stik tombol tidak responsif.


  • Seperti biasa, pertama - tama buka casing belakang terlebih dahulu.




  • Lepaskan PCB dari casing, dan langsung saja amati tombol yang tidak responsif. Biasanya tombol yang tidak responsif dikarenakan kotornya permukaan dari karet tombol atau pcb.

Ciri - ciri paling kelihatan, ditandai dengan carbon pada karet tombol lebih mengkilap.

Untuk membersihkan, gosokan saja pada kertas. Saran bersihkan saja semua tombol untuk menambah responsifitas semua tombol.

Kemudian coba tes, apakah sudah normal atau belum, jika suda tinggal di kembalikan, dan siap dimainkan, tapi jika belum berarti carbon dari pcb sudah terkikis. Jika seperti ini perlu ditambahkan carbon cair pada tombol yang bermasalah (jika tidak ingin ribet mending langsung ganti saja PCB nya).

Siapkan carbon cair, biasanya banyak terjual di toko game yang menjual sparepart atau di toko elektronika.

Kocok dulu sebelum digunakan. (Kayak obat aja. hahaha xD)

Lalu teteskan secukupnya pada PCB sesuai tombol yang bermasalah.

Jika sudah tunggu sampai kering kemudian silahkan di tes.
Cukup sampai disini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

LightBlog