Breaking

Bengkel Teknologi

Saturday, February 20, 2016

Apa itu DDNS ?

Apa itu DDNS ?Apa itu DDNS ?




Assalamu'alaikum
Kali ini saya akan membahas apa itu DDNS (Dynamic Domain Name Server). Pengetahuan tentang DDNS ini cukup diperlukan, hal ini berkaitan dengan artikel saya sebelumnya tentang Cara Setting CCTV Online. Sebelum lanjut pembahasan mengenai Apa itu DDNS sebaiknya kita juga harus mengetahui dulu apa itu DNS (Domain Name Server).
Apa itu DDNS

DNS kepanjangan dari Domain Name Server merupakan jaringan besar server yang terdiri dari database yang mengendalikan pengaturan penamaan domain berupa komputer, services, web, maupun perangkat atau device yang terhubung ke internet.
Apa itu DDNS
Add caption

Sebelum DNS di buat jaringan komputer di internet akan terhubung satu sama lain melalui sebuah alamat atau yang biasanya disebut IP address yang berupa nomor atau angka. Nah, disinilah fungsi dari DNS itu, untuk merubah IP address yang berupa numerik menjadi sebuah nama, sehingga memudahkan pemilik ataupun pengunjung  untuk mengingat dan kembali ke IP address itu.
Sebagai contoh yang paling mudah seperti google.com memiliki IP address 173.194.69.94 .
bayangkan saja jika kita disuruh menghafal nomor - nomor itu, tentunya akan lebih sulit dari pada kita menghafal namanya.
Hal ini sama saja ketika kita menyimpan nomor telp atau HP menjadi nama teman anda yang ingin disimpan di kontak hp anda. Tentunya sangat susah ketika anda ingin menelpon teman anda sebagai contoh "Dedy" , tapi harus mengingat nomornya terlebih dahulu. Berbeda jika anda menyimpan nomornya lebih dulu dengan sebuah nama, tentu menjadi sangat mudah bukan ?
Oke cukup pembahasan mengenai DNS,hehe. Untuk mengetahui lebih dalam apa itu DNS bisa dibaca disini.

Kembali ke pembahasan Apa itu DDNS. sama halnya seperti penjelasan diatas, DDNS juga sebuah sistem yang digunakan untuk merubah alamat IP berupa numerik menjadi sebuah nama yang mudah diingat, hanya saja perbedaan disini yaitu digunakan untuk mengatasi IP address yang sering berubah - ubah (Dinamis).
Memang penyedia layanan internet atau ISP sebagai contoh Telkomspeedy, Biznet, First Media, MyRebuplic(Innovate) atau MNC Play Media (ISP yang saya tau beredar di kota Malang, hehe) biasanya provider yang saya sebutkan diatas menyediakan 2 jenis IP yaitu statis (tetap/tidak berubah-ubah) dan dinamis (berubah - ubah), Hanya saja berlangganan paket internet menggunakan jenis IP Statis cukup mahal dan tentunya menguras kantong apalagi hanya user perorangan atau rumahan, beda lagi kalau sebuah kantor atau perusahaan yang memiliki finansial cukup, hal ini tidak akan jadi masalah.

Berlangganan menggunakan IP Dinamis ini tidak akan menjadi masalah jika hanya digunakan untuk browsing atau hanya sekedar berselancar di dunia internet, tetapi akan menjadi masalah ketika kita ingin mengakses atau mengendalikan perangkat atau device kita seperti komputer, server, DVR CCTV, IP CAM atau perangkat lain dari luar jaringan lokal kita. Untuk mengakses dari luar kita bisa saja langsung melalui IP Public yang telah diberikan Penyedia layanan internet anda, IP Public bisa di lihat melalui www.whatismyip.com, tapi ketika modem router anda restart, sumber daya drop ataupun terjadi pemadaman listrik, maka setelah nyala, yang akan anda dapati adalah ip publik yang anda miliki akan berubah, dan disitu kadang saya merasa sedih.. haha, maksud saya disitulah perbedaan yang terlihat antara IP jenis statis dan dinamis.
Masi bingung kah?
Penjelasan lebih mudah mengenai permasalahan yang berhubungan dengan IP Dinamis  dan DDNS seperti saya contohkan penjelesan pada DNS mengenai nomor telp, jangankan mengingat nomor HP orang lain, nomor sendiri aja belom tentu ingat, betul ga ? Ditambah lagi ini malah nomornya berubah ubah, malah bikin puyeng yang ada, hehe. Disinilah terlihat DDNS sebagai solusi untuk permasalahan ini.

Sekarang pertanyaannya bagaimana mendapatkan layanan DDNS ini ?

Layanan DDNS ini disediakan oleh pihak ketiga, untuk mendapatkanya ada yang berbayar, ada pula yang gratis. Penyedia layanan yang pernah saya pakai DynDns.com dan No-IP.com, sebenarnya cukup banyak penyedia layanan DDNS ini baik yang berbayar maupun gratis hanya saja saya lupa, jadi tidak saya sebutkan. hehe.

Untuk berlangganan layanan DDNS ini anda tinggal mendaftar melalui situs penyedia yang anda inginkan. Berikut penjelasan lebih lengkap cara berlangganan DDNS melalui DynDns klik disni atau No-IP klik disini, saya jelaskan pada postingan berikutnya.

Cukup sekian  pembahasan mengenai Apa itu DDNS, semoga bermanfaat. :)
jika artikel ini menurut anda bermanfaat, like anda sangat berguna untuk perkembangan blog ini hehe.
Wassalamu'alaikum.

No comments:

Post a Comment

LightBlog